Pengunjung

Bagian terpenting dalam komunikasi adalah respons, dialog. Suatu persuasi dilakukan lewat media tulisan, gambar dan ucapan. Sejak Tsai Lun menemukan kertas, kata-kata diperangkap dalam buku. Sebelumnya di dalam batu dan kayu.

Dari pahat untuk batu menjadi keyboard zaman sekarang. Bukankah kini caranya lebih mudah? Lalu kenapa sungkan meninggalkan pesan dan kritik. Apalagi anugerah rasa dan karsa sebagai penanda kemanusiaan.

Ruang ini adalah ikhtiar untuk bersilaturahmi..

Advertisements

38 thoughts on “Pengunjung”

  1. Jangan Berhenti Berkarya

    Ternyata Yance, sosok yang giat berkarya. Membaca Blog mu menjadikan aku terpancing tuk berbuat yang sama. Oya mari kita sama-sama mempertajam analisa dan telaah ilmiah (meski bukan seorang Dosen).

    Jangan berhenti, karena SIAPA DIRIMU KEDEPAN, DITENTUKAN oleh BAGAIMANA DIRIMU HARI INI. Ok. Sory.. Kelewat puitis neh.

    Uni Lena

  2. Terimakasih atas semangatnya Uni Lena.

    Bukankah kita semua adalah dosen sekaligus mahasiswa dari kehidupan. Sebagai Manusia pendidikan (Homo Educandus). Dalam filsafat Minang juga disebutkan “Alam Takambang Jadi Guru”. Sekalian kehidupan di alam adalah Guru.

    Uni Lena punya semangat yang lebih besar yang masih disimpannya. Tetapi tentu segera akan dibagi-bagikan..

    Adinda tunggu, Uni..

    Salam dari bang Charles yang hari ini mampir ke HuMa

  3. gimana kabarnya, bos?
    dak mencorat-coret beberapa halaman media lagikah?

    terus berkarya, teman…

  4. salam demokrasi!!
    kawan,, gimana kabar sekarang?
    gimana proyek?
    kapan ya kita bisa ngumpul seperti dulu lagi?
    salam ya sama bang Andiko!!

    Justitia voor iederen

  5. Sudah lama dak kontak, kabarpun seakan jauh dari pendengaran. Tapi memang kayo jauh minin. Kayo d pusat kamai d daerah, tapi bukan pulo berarti kita harus melupakan kenangan itu .
    keinginan untuk mengulang kisah lamo sangatlah besar.
    Yang jelas, doa kamai dari kajauhan sentiasa ado untuk kayo2 smg kayo tetap sukses.
    Semoga akan ada pertemuan itu, tetap kontak.
    Salam Aksara

    Dee NBL

  6. “Torture u self”
    keep spirit to continue your study in abroad…” Leiden University waiting for you”

    Mulia sekali do’a Pak Presiden ko. Semoga Allah SWT mendengarkan do’a orang-orang “teraniaya” di bulan ramadhan ko.. Semoga kelak dikabulkan. Abang siap menyusul Donal di sinan.. hehehe

  7. Hi Bro…
    gimana ente punya kabar..
    kerinci memang indah, tatapi lebih indah jika demokrasi bisa hidup..
    Padang memang bahagia, akan lebih berbahagia jika Mahasiswanya Kritis kaya’ Ente. sayang Padang tidak lagi punya Yance-yance arizona…

    Kabar Baik sajo Bang. Demokrasi tetap hidup, bang, meskipun kadang agak layu. Pemilukada, Ibarat mendapatkan TV baru, antenanya harus disetel supaya tepat mendapatkan gelombang dan gambar menjadi jernih.

    Tentang Padang, penuh kharisma. Apalagi ketika makan nasi bungkus di depan halaman Masjid Taqwa tengah malam sepulang dari nonton teater di Taman Budaya. Nasi dua bungkus dimakan bertiga. Dari sudut yang agak gelap dipojok masjid itu, ada orang gila yang sedang mencari posisi terbaik untuk istirahat.

    Datang dan pergi. Mungkin kelak akan datang lagi untuk pergi. Gerak. Tidak selalu di Padang, demikian juga untuk tidak selalu tidak di Padang, kan Bang?

    Tempo hari ke Jogja, melihat blankon. Langsung teringat janji kepada abang Roni. Sudah dibelikan dan akan diantarkan ke Padang beberapa hari lagi.

    Sampai ketemu di Padang.

  8. wah sepertinya saya harus mengakui bahwa banyak sekali yang harus dipelajari dari pemuda satu ini, setidaknya bukan karena terlalu seringnya saya dulu berkomunikasi dengan makhluk Tuhan satu ini tetapi melainkan melihat hasil tulisannya yang semakin hari semakin padat berisi. Saya sudah anjurkan beberapa kawan untuk menyimak bolgnya yance dan belajar darinya, bukan menyamak mengeluarkan hal-hal yang tidak substansi dan tidak penting hehehe….

    Huehehe… sebanyak yang harus dipelajari, masih banyak juga yang harus diajari kepada adikmu ini, kan bang? Long Life Education.

  9. Selamat Tahun Baru 2009, ndan.
    Semoga visi dan misimu tercapai.

    Salam akrab selalu,

    Rony Nofrianto a.k.a RoNz
    http://feelcomz.wordpress.com/

    Terimakasih Mandan. Semoga tahun 2009 jadi tahun keberuntungan meskipun tidak bisa bergantung sepenuhnya kepada waktu. Sebab yang menentukan sesuatu yang baik tetap bukan waktu, tetapi manusianya.. Semoga kita masih tetap semangat menempuh masa depan.

  10. semoga sukses selalu, apo gawe minin nden. brpo uhang anak. dari putra kerinci bengkulu.

    Minin berkegiatan di Jakarta ndan. Mencoba untuk selalu berbuat. Kanti belum menikah ndan. Semoga dalam beberapa waktu dekat. Mandan apokabar? Dimano beraktivitas minin? Apo sudah bekeluarga dan punyo anak? Salam untuk kanti-kanti di Bengkulu.

  11. assalammualaikum.

    Pa kbr yance.mudah2xan sehat.amin.
    yance,kebetulan aku sekarang gi dijakrta. btw, yance dijakarta tinggal dimana?
    InsyaAJJI kapan2x kita ketemu.

    Walaikum salam…
    Saya di Pasar Minggu, Mas. Di Komplek Perumahan Departemen Kehutanan. Mas Ario dimana? Lama kan di Jakarta-nya?
    Mainlah ke tempat saya..

    Ditunggu…

  12. posisi minin di bengkulu nden. berjuanglah terus
    nden, n satu pesan nden kalau boleh diterima, bwaklah sesuatu yang berharga untuk kerinci mungkin isuk, semiggu, atau beberapa tahun yang akan datang, sukses n tetap semangat cuy. kalau masalah nikah blum nden, kalau kawin ado beberap kali anak sah belum ada, anak haram ado duo buah cuy, bercanda nden…lah penuh karung lum, klau lah balik lah tolong penuhi karung akau. udah dulu nden, salam jugo untuk orang se……. jakarta n tetap semangat maju terus broh.

    Semangat nian Mandan ini.. Insya Allah tidak lupo dengan Kerinci ndan. Terimakasih untuk saling mengingatkan.

    Salam sukses selalu

  13. Ass..
    bg yance,gmna kabarnya?
    geri baru kali ini melihat blog bg yance,membaca tulisan2 yg ada dan melihat tulisan dri tmen2 blog bg yance..
    pada saat geri melihat smua tulisan dri para blogger,geri merasa ciut n merasa bahwa geri blum ada apa2nya dibandingkan dgn bg yance n tman2 smua.

    yg jelas geri bangga pernah kenal dgn seorang yance arizona,pernah membantu dlm kabinetnya(wlw hanya staf dept),geri rasa Fak Hukum UNand bangga pernah mendidik abg dbangku perkuliahan,dan betul skali apa kata bg recci bahwa bg yance ini kelak akan menjadi org yg besar di indonesia ini..

    smoga bg yance bisa mewujudkan apa yang menjadi cita2nya..
    dan smua ini menjadikan motivasi utk geri dlm mengembangkan ilmu pengetahuan dan pola pikir..

    wasalam..

    Terimakasih sudah berkunjung Ger. Alhamdulilah kabar baik. Semoga Gery juga demikian dan bisa menyelesaikan skripsi dengan baik dan cepat. Semoga apa yang diharapkan bisa terwujud suatu saat, untuk memberikan sumbangsih bagi perbaikan. Bisa lewat cara apa saja. Kalau di dalam hukum pidana kita bicara “modus”, maka membuat blog adalah salah satu modus itu. Tentu bukan modus untuk berbuat jahat. Gery tentu juga melakukannya dengan modus yang lain. Bahkan mungkin dengan semangat yang lebih baik..

    Keep Struggle !

  14. Ass…
    Yance Arizona,SH SeoraNg senior ku di fakultas Hukum UNAND,gak salaH Tmn2 blg akan Menjadi Seorg yg akan Punya Power…,Krn iya Juga Merasakan itu ada sama bang Yance,,seorg yg Low Profile n mau berbagi Ilmu.
    tetapLah seperti itu kelak klo Dirimu Telah menjadi org besar n punya andil merubah bangsa ini..amiEn
    maKasih yh bang sDh mau memberi Ilmu Terutama ilmu Hukum tentunya:)
    apalagi TTg UU.sgt berguna dlm kerjaaN iya..
    dan iya Berharap sMoga bisa mNjadi Penulis and aktivis seperti bg yance nntinya..dan bisa buat blog juga aMien..doain yah bang..

    Fitria,
    Kalau abang Punya Power, ntar abang jadi Power Ranger dunks.. Hehe.. Hidup ini, Iya, adalah tugas untuk “menjadi”. Keberadaan kita hari ini adalah suatu persinggahan saja dari suatu proses yang panjang. Kesabaran, kecermatan dan hati yang keras-lah yang akan membawa kita pada kebaikan bagi diri sendiri dan orang banyak di hari esok. Semoga sama-sama mengalami kebaikan itu. Amin

  15. Aslmkm.Kakanda apa kabar?Tampaknya banjir djakarta tak menghalangimu tk berkarya………………..kapan k padang lagi bg?


    Walaikum salam Rizqi. Alhamdulilah kabar baik. Masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Rizqi dimana berkarya sekarang?

    Dalam waktu dekat belum ada rencana ke Padang.

  16. tabik
    tulisan yang bagus…
    tetap konsisten dan let’s do more for the better world

    Hai Ibu Ria. Kita pernah bertemu dalam satu acara.
    Blog-mu lebih banyak dan lebih bagus. Salut.

  17. Assalammu’alaikum….,
    Onde mande…. uda yang satu ni .., ternyata cakap segalanya. Subhanallah…., pertama aku liat uda, aku udah tangkap aura yg sangat positif…, hati., kecakapan…, tutur lisan dan tulisan…sert intelektualitas terpancar dari setiap langkahmu. Insya Allah uda selalu dalam limpahan Rahmat dan Bimbingan-Nya. Amin…
    Jangan pernah berhenti berkarya…, jangan pernah merasa puas. Tuangkan seluruh kemampuan mu , goreskan penamu dalam lembar-lembar putih kehidupanmu, warnai hari-hari mu dengan semangat mu…, sirami ladang-ladang ilmu mu dengan keikhlasan…, karya mu adalah inpirasi bagi kami.
    Masa depan cerah ada ditangan mu….
    Sukses ya yan…, bangga bisa mengenal anda.
    Wassalam….,

  18. Bang Yance artikel bagus-bagus yah. Oya tolong dibuat dong link back buat ke situs/blog saya

    Siap Brian. Blog kamu juga bagus, Informatif..

  19. tulisannya bagus, informatif dan kritis. terus menulis yah
    oh, iya ada info nih (berhubung saya lg kuliah di unpad) yang beredar diantara murid-murid pak mochtar, bahwa Otje Salman telah salah menginterpretasi ide pak mochtar. menurut sumber tersebut, jika pak mochtar masih sehat, pasti dia akan mengkoreksi tafsiran Otje tersebut. tp saya jg belum update lg apa yang dimaksud salah tafsir itu.

    nb: minta izin untuk di link blognya di tempat saya yah

    terima kasih

    1. Terimakasih sudah berkomentar Eka. Tentu ini adalah perkembangan yang baik dalam wacana hukum. Selalu ada upaya dan kritik untuk menjernihkan persoalan. Dengan begitu, pemikiran hukum ke depan akan lebih maju untuk membawa keadilan bagi bangsa kita.. Saya menunggu koreksi yang ada terkait penafsiran Ide Prof Mochtar yang dilakukan oleh Prof Otje Salman..

      Saya juga minta izin untuk link blog anda di tempat saya.

      Salam, Keep Contact !

  20. Yance… tetap berkarya yo….

    salam dari gerbang unand
    tarimo Kasih..


    Thanks Padie..
    Semoga kita selalu diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk berkarya ‘Demi Kedjajaan Bangsa’
    Salam untuk kanti-kanti di Gerbang Unand

  21. Apa kabar Om..? Semoga bencana yang juga melanda Kerinci kemarin tetap memberikan hikmah ya.. Kita turut prihatin.

    Tante Hafidz,

    Alhamdulillah kabar baik.. Alhamudlillah keluarga di kampung juga baik.. Bencana besar menghancurkan dan merobohkan banyak bangunan, jatuhnya banyak korban dan perasaan kehilangan bagi saudara di Sumbar dan Kerinci.. Sekarang saatnya untuk Bangkit menuju lebih baik.. Padang Bangkit !!

  22. Sumbangkan terus pemirkiran anda untuk kemajuan negara dan bangsa…
    Selain menulis sesuai fakta, juga diperlukan keteladanan…

  23. hallo bung yance.
    sudah beberapa kali aku berkunjung di laman ini, tapi baru dapat berjumpa dengan bung yance di acara PHR di Depok.
    tetap menuliskan sejarah bung!!!

    Erwin Dwi K
    Pengabdi Bantuan Hukum

  24. Assalamu’alaikum
    Saat ini saya baru nulis tentang “Anak Manusia Perahu” di Berau. Tulisan ini saya jadikan salah satu referensi karena ada hubungan dengan Komunitas Adat Terpencil”.
    Makasih

  25. mantap yan…blognya terus berkarya dan menulis terutama setelah dari spain kajian-kajian socio legal menarik utk d kembangkan d indonesia agar penegak hukum tdk berpandangan legalistik formal saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s