Catatan Perjalanan

Satu Tahun Ngeblog

Kamis, 6 November 2008

Satu tahun yang lalu, tanggal 6 November 2007, Blog ini meluncur. Posting pertama yaitu tentang Ikrar Kaum Muda, Politik dan Masalah Hukum

Pada mulanya saya tertarik dengan caranya Bung Faiz yang mempublikasikan berbagai macam tulisannya ke dalam Blog. Saya kemudian mencoba-coba melakukan hal yang sama dengan memasukkan berbagai tulisan ke dalam Blog pribadi yang bisa ditemukan oleh banyak orang, sebab bisa dicari melalui google. Lalu mulailah belajar otodidak Ngeblog.  Sering juga mendapatkan berbagai hambatan untuk bisa menguasai wordpress. Adalah Mas Anggara yang banyak mengajarkan saya tentang WordPress dan Blog, meskipun tidak seluruh ilmu beliau bisa diserap dengan baik. Tapi paling tidak, seperti anda lihat sekarang ini lah Blog yang menjadi tempat untuk menabung tulisan. Belum begitu baik tampilannya.

Selama satu tahun meluncur, sampai tulisan ini dibuat sudah ada 18,529 hit yang sampai pada blog ini. sudah puluhan komentar yang masuk. Saya minta maaf bila ada komentar yang diberikan kepada saya tidak terjawab atau terjawab dengan tidak memuaskan hasrat pengetahuan. Ada beberapa orang yang kemudian menjadi teman berdiskusi setelah berkenalan di blog. Ada beberapa orang juga yang meminta bahan-bahan terkait kajian yang sedang dia lakukan. Semoga apa yang sudah saya berikan dalam setahun ini bisa menjadi manfaat bagi kita semua.

Dari jumlah kunjungan, belum begitu banyak orang yang berkunjung di blog ini. Apalagi bila dibandingkan dengan blog yang lain. Ada teman memberi saran supaya saya lebih sering menyapa blog lain supaya mereka balas menyapa. Ada juga yang menyampaikan blog saya terlalu “berat”,  kritiknya, tulisan saya terlalu filosofis dan akademis. Mungkin saja benar, tapi mungkin juga karena saya belum bisa menuliskan lebih sederhana. Tentu itu adalah suatu tantangan.

Kedepan, masukan dari para pembaca yang sempat mampir atau tersesat di blog ini akan sangat berharga untuk memperbaiki blog ini. Tujuan awal blog ini sebagai bank tempat menabung tulisan mungkin bisa lebih dari itu, yaitu menjadi media komunikasi dan diseminasi gagasan secara sederhana dan berguna.

Advertisements

5 thoughts on “Satu Tahun Ngeblog”

  1. Selamat ya mas, semoga tetap semangat berbagi ilmu dan jangan pernah panggil saya guru, karena kita rekan berbagi ilmu.

    Hahaha.. Guru yang budiman memang sungkan untuk dipanggil “Guru”.. Hehehe.. Kasih masukan dong Mas??

  2. Selamat berulang tahun Nce…
    Blog memang banyak artinya..Nikmatnya menulis, bisa diaktualisasikan di blog.

    Atau bisa baca di….
    http://vinnamelwanti.wordpress.com/2008/06/04/candu-blog/

    Skali lagi, met Ultah..Dan tetap berkarya

    Iyo Uni. Yance masih harus banyak belajar dari cara uni menulis dengan baik. Melalui blog kita bisa banyak berkenalan dengan orang lain. Saling membantu dan sharing informasi, kajian yang dilakukan. Syukur-syukur bisa mengadakan Kopdar untuk bertemu langsung.

  3. Congratulation….n happy b’day for Mr. Yan’s blog.
    Tetep berkarya n always share what we have for better future 🙂


    Makasih De.. Ditunggu blog-mu meluncur, ya..

  4. Kawan apa kabar? Selamat ya.. ulang tahun mana kue-nya? 🙂
    Salut buat abang yang satu ini dech..

    Kabar baik Pipit, eh Hafidz. Apakah ulang tahun harus ditandai dengan kue? Yang saya harapkan malah kritikan tentang banyak hal yang masih belum baik. Bagaimana kabarmu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s