Cuap-cuap

Bahasa Mempengaruhi Tata Negara

Tulisan ini saya adopsi dari tulisan yang pernah saya oret di blog friendster say: http://yancearizona.blogs.friendster.com/arizona/2007/09/bahasa_mempenga.html

Tersiar kabar dari sebuah buku. buku itu buku sejarah, karena judulnya adalah Sejarah Hukum. tapi isinya memang banyak sejarah..

Sebagaimana dikisahkan. Pernah ada seorangan Raja di Inggris, George I namanya, ia berkuasa di Inggris pada tahun (1714-1727). Dia adalah generasi pertama Raja Inggris dari wangsa Hannover. Yang unik dari Raja Inggris satu ini adalah, dia tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik. Sehingga dalam rapat-rapat penting kerajaan diwakilkan kepada Perdana Menteri untuk memimpinnya, karena perdana menteri dapat berbahasa inggris dengan baik. Sehingga pemerintah tidak lagi, seperti sebelumnya, dapat berunding di bawah raja sebagai ketua. praktik itulah yang kemudian berkontribusi melahirkan sistem parlementer abad berikutnya di Inggris..

Sungguh,, itu adalah salah satu fakta yang memberikan penjelasan kausal bahwa bahasa mempengaruhi tatanegara

Advertisements

2 thoughts on “Bahasa Mempengaruhi Tata Negara”

  1. Salam bung yance .
    berkaitan dengan tulisan di atas, ada beberapa hal yg blm saya fahami, pertama, apakah raja george bukan orang Inggris?andai ia bukan orang Inggris kiranya wajar apabila tidak bisa berbahasa Inggris. tetapi apabila sebaliknya, bagaimana mungkin hal itu bisa terjad?.sungguh irrasional.
    kedua,kiranya saudara bisa memberikan keterangan yg cukup detail prihal buku yg menjadi refren untuk tulisan di atas.
    Trim.

    Bung Andri..
    Referensi tulisan di atas dari buku: “Sejarah Hukum, Suatu Pengantar” yang ditulis oleh John Gilisen dan Frits Gorle. Diterbitkan oleh Refika Aditama (2005). Khususnya anda bisa lihat pada bagian pengantar yang ditulis oleh Lili Rasjidi..

    George I lahir di wilayah yang sekarang termasuk teritori Jerman tengah, Hannover. Saat Kekuasaan Inggris meluas di Eropa, wilayah koloni memiliki kesempatan menempatkan wakilnya di lembaga perwakilan. George I mewakili Hannover untuk itu. Ketika Ratu Anne mangkat, George diangkat menjadi Raja Inggris (dan Irlandia) pertama dari Bangsa Hannover. Karena kelahiran dan besarnya di Hannover (sekarang Jerman), maka logis bila dia tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik.

    Disamping faktor bahasa, di Inggris pada masa itu memang sedang menguat ide parlementarian sebagai sistem pemerintahan yang membatasi kekuasaan raja.

    Anda bisa buka wikipedia juga untuk informasi lebih banyak tentang hal tersebut.

    Maaf bila saya lambat merespons.
    Salam,

    Y. A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s